iklan

SISWASISWI.ID, MANGGAR — Pemerintah Kabupaten Belitung Timur (Beltim) pada Tahun 2019 ini, telah menyiapkan Bus Sekolah Gratis untuk menjemput dan mengantarkan pelajar bersekolah di wilayah Kecamatan Dendang, Kabupaten Beltim.

Penyediaan bus sekolah itu untuk mendukung kelancaran proses belajar mengajar di kecamatan tersebut. Tentunya, info ini menjadi kabar gembira bagi pelajar, wali murid dan para guru, khususnya di Kecamatan Dendang.

Kabar gembira ini, langsung diungkapkan oleh Plt Kepala Dinas (Kadin) Pendidikan Kabupaten Belitung Timur, Yusmawandi, saat diwawancarai oleh Wartawan Majalah Pendidikan Siswa Siswi (www.siswasiswi.id), Rabu (6/2/2019) di ruang kerjanya.

Yusmawandi menjelaskan, nantinya bus sekolah ini bakal “dinakhodai” oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Beltim, yang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Beltim.

“Upaya realisasi dari bus sekolah gratis ini, dimaksudkan untuk memecahkan masalah jarak sekolah, terutama bagi para pelajar di Kecamatan Dendang yang tempat tinggalnya jauh dari sekolahnya,” beber Yusmawandi, merupakan guru senior yang sangat peduli dengan kondisi dunia pendidikan di daerahnya.

Menurut Plt Kepala Dinas Pendidikan Beltim ini, nantinya rute bus sekolah gratis ini dimulai dari Dusun Pelulusan Desa Nyuruk sampai Desa Simpang Pesak.

Lalu, diungkapkannya, selama ini pelajar yang telah menamatkan sekolahnya di SDN 9 Dendang Kabupaten Beltim, ternyata mereka banyak melanjutkan pendidikannya ke Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung. Mungkin saja, kejadian ini lebih dikarenakan jaraknya lebih dekat. Tetapi secara administrasi, SDN 9 Dendang itu masuk wilayah Kabupaten Belitung Timur.

“Mengacu kenyataan itu, memang seharusnya para pelajar itu tidak boleh melanjutkan sekolah SMP-nya ke Wilayah Kecamatan Badau Kabupaten Belitung, karena mereka masuk Zona SMP Negeri I Dendang Kabupaten Belitung Timur,” bebernya lagi.

Menyikapi hal ini, maka Yusmawandi mengharapkan atas kesadaran para orangtua atau wali murid, agar dapat menyekolah anak -anaknya di zona yang seharusnya, yaitu di SMP Negeri I atau SMP Negeri 2, yang berada di Wilayah Kabupaten Belitung Timur.

“Karenanya, harapan kita dari Dinas Pendidikan Beltim ini, untuk mengajak,”Yuuk mari arahkan mereka bersekolah di Belitung Timur” yaitu di SMP Negeri I atau SMP Negeri 2 di Dendang,” pungkasnya. (Sahrus Salis)

iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>