iklan

Tagar: #KDA
FH UBB Gelar Lomba Cerdas Cermat Islami tinggi SMA

Merawang, Bangka. Komunitas Dakwah Al-Azhar (KDA) Fakultas Hukum (FH) Universitas Bangka Belitung (UBB) untuk kali pertamanya menggelar Lomba Cerdas Cermat (LCC) Islami tingkat SMA se-Pulau Bangka sebagai salah satu rangkaian kegiatan “Justicia Project” yang digagas oleh Himpunan Mahasiswa Hukum (HIMAHUM).

Perlombaan tersebut berlangsung selama dua hari, yakni hari Kamis dan Jumat (20-21/09) bertempat di Ruang Peradilan Semu, Gedung Babel II FH UBB.

Diakui Wulan Dwiningrum selaku Ketua KDA FH, kendati kegiatan yang hanya dipersiapkan dalam waktu kurang lebih satu minggu, akhirnya dapat sukses terlaksana berkat kerjasama dan kekompakan tim panitia.

“Alhamdulillah, biarpun waktunya mepet, bahkan satu hari sebelum pelaksanaan masih ada yang mau daftar, akhirnya LCC Islami sukses terlaksana dan mampu menarik minat para siswa SMA bersama gurunya untuk berpartisipasi dalam perlombaan,” jelas Wulan.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara Syadid mengatakan, kegiatan ini diadakan dengan tujuan untuk menambah pemahaman tentang Islam dan meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan kreatif siswa guna menciptakan generasi emas yang berkualitas dalam pendidikan.

LCC yang diikuti oleh 13 tim dari tujuh SMA/SMK Sederajat di pulau Bangka ini menghadirkan tiga dewan juri, yaitu pembina KDA, Toni; Demisioner Ketua KDA FH dua periode, Abdul Fakih; dan Ketua DPD IMM Babel, Ari Juliansyah.

“Semangat dari peserta luar biasa. Saya takjub dengan wawasan dan pengetahuan agama yang mereka miliki. Ini menandakan bahwa generasi muda kita semangat menuntut ilmu agama,” ungkap Fakih, salah satu dewan juri.

Persaingan sengit saat memasuki babak final pun terjadi. Tiga regu dari SMK 2 Pangkalpinang, MA Al-Islam Kemuja, dan MA Plus Bahrul Ulum harus berlapang dada setelah dikalahkan dengan ketangkasan dan kecermatan regu d putra dari MA Al-Islam Kemuja yang berhasil keluar sebagai Juara I, disusul juara II dari SMK Negeri 2 Pangkalpinang, Juara III dari MA Al-Islam Kemuja, dan Juara IV dari MA Plus Bahrul Ulum.

“Kami sangat senang dan bahagia bisa menang, tapi kami yang paling utama adalah mencari pengalaman bukan kemenangan. Karena pengalaman itu adalah guru terbaik dalam segala hal,” ungkap Ketua Regu D dari MA Al-Islam Kemuja, M Shobirin yang didampingi anggota regunya M Aljabbar dan M Attaqini usai pengumuman pemenang.

Sementara itu, Pembina KDA, Toni berharap, dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi pemantik bagi seluruh peserta agar lebih semangat dalam mendalami ilmu agama.

“Ini adalah kegiatan pertama dan sekaligus tujuan tersiratnya untuk mempromosikan FH UBB. Lomba ini sifatnya membangun dan menumbuhkan kembangkan karakter yang baik, maka dari itu saya sangat mendukung, dan semoga bermanfaat,” pungkasnya./** (Fakih)

iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>