iklan

SISWASISWI.ID, BELITUNG — Bersepakat untuk “mempertajam” daya kritik dan kritis sebagai elemen pers, maka puluhan wartawan dari berbagai organisasi pers di Provinsi Bangka Belitung (Babel), telah membentuk wadah Sekretariat Bersama (Sekber) Pers Indonesia Provinsi Babel.

Pembentukan Sekber Pers Babel ini, bertempat di Kedai 46 Resto, Jalan Jendral Sudirman, Tanjungpandan, Belitung, Babel.

Adapun pembentukan Sekber Pers ini, ditetapkan secara resmi pada Rapat Perdana Pembentukan Sekretariat Bersama (SEKBER) Pers Indonesia Provinsi Babel Periode Tahun 2019-2021, Hari Sabtu (29/12/2018).

Pada papat perdana ini, para wartawan yang berasal dari berbagai organisasi pers di Babel, diantaranya Aliansi Wartawan Indonesia (AWI), Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI), Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI), Himpunan Pewarta Indonesia (HPI), Forum Jurnalis Media dan Siber (FORJIMS), serta Asosiasi Wartawan dan Penerbit Indonesia (AWPI), sepakat menunjuk Ketua DPD AWI Babel, Joni Arsyah S.Sos, memegang posisi Ketua Sekber Pers Indonesia Provinsi Babel, Periode 2019-2021.

Selanjutnya, selaku ketua terpilih, Joni mendapat mandat untuk membentuk Susunan Struktur Sekber Pers Indonesia Provinsi Babel 2019-2021.

Adapun kepengurusan sekber pers yang dibentuk tersebut, terdiri dari para wartawan yang berasal dari 6 organisasi Pers, yang beroperasi di Babel.

“Adapun Pengurus Sekber Pers Babel yang telah terbentuk ini, merupakan gabungan para wartawan dari berbagai organisasi pers di Babel ini, antara lain dari AWI, PPWI, PWRI, HPI, AWPI dan FORJIMS. Kami memiliki tujuan dalam membentuk wadah SEKBER Pers ini, yaitu untuk mempertajam daya kritik dan kritis insan pers di Babel, terutama para insan pers yang tergabung dalam wadah Sekber Pers ini,” ucap Joni.

Dikatakan Joni, pihaknya menilai ada sejumlah tantangan yang harus dihadapi bersama dalam merealisasikan tujuan dari Sekber Pers ini, yaitu adanya dugaan kriminalisasi pers, kurangnya persatuan di kalangan pers, terbatasnya wawasan atas pelaksanaan tupoksi pers, rendahnya tingkat profesionalitas, turunnya kredibilitas dan lainnya.

Karena itu, terbentuknya Pengurus Sekber Pers Indonesia Provinsi Babel ini, diharapkan mampu menghadapi dan mencari solusi atas berbagai kendala dalam merealisasikan tajamnya daya kritik dan kritis insan pers tersebut.

“Setelah terbentuknya pengurus Sekber Pers ini, kami tentunya memohon dukungan dari semua pihak, agar pelaksanaan Tupoksi Pers oleh Sekber Pers Babel ini, dapat sesuai dengan Kode Etik Jurnalistik, Undang Undang Nonmor 40 Tahun 1999 tentang Pers, serta aturan yang berlaku lainnya,” ucap Joni lagi.

Dalam hal ini, Joni sangat berharap, kedepannya Sekber Pers Babel ini bisa eksis dan berkomitmen dalam menjaga dan mempertahankan posisinya sebagai Pilar Utama Demokrasi.

Lalu, Sekber Pers Babel juga diharapkan bisa merealisasikan tujuan lain dari pelaksanaan tupoksi pers, yaitu bisa sebagai agen perubahan, penyebar informasi, pendorong tegaknya aturan hukum dan melaksanakan pengawasan atas jalannya pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan.

“Karena itu, Sekber Pers Babel ini, mendukung terciptanya pemerintahan yang bersih dan berwibawa, serta jalannya pembangunan yang sesuai aspirasi rakyat dan aturan yang berlaku,” tandas Joni.

Adapun Rapat Perdana Sekber Pers Babel ini, dihadiri belasan wartawan yang mewakili sekitar 43 orang dari berbagai organisasi pers di Babel ini.

Saat rapat itu, berhasil membentuk Struktur Pengurus SEKBER Pers Babel, diantaranya menetapkan Dewan Penasehat, Dewan Pakar, Dewan Pembina, Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, Wakil Sekretaris, Bendahara, wakil bendahara, serta Biro- Biro tugas masing-masing.

Maka, sekitar Pukul 10:40 WIB, hasil keputusan rapat ditetapkan secara resmi oleh Pengurus SEKBER Pers Indonesia Provinsi Babel, Periode 2019-2021.

Selain itu, telah terbentuk juga susunan Panitia HUT PERS NASIONAL (HPN) 2019, yang telah di sepakati oleh semua anggota yang hadir dalam rapat.

Dengan demikian, hasil rapat SEKBER Pers Indonesia Provinsi Babel Periode 2019-2021, telah menetapkan Susunan Pengurus Inti, yaitu:

Ketua : Joni Arsyah S. Sos, dari AWI.
Wakil Ketua :

  • Drs. nasrul Rully (AWPI)
  • Sarus Salis (PPWI)
  • Lucky Dwi H (HPI)
  • Melky (PWRI) serta
  • Iqbal Firdaus Darmawan (FORJIMS).
    Sekretaris : Sunanti, AMd.
    Wakil Sekretaris : Suci Akbari.
    Bendahara : Budi Setiawan Kusmanjaya.
    Wakil Bendahara: Ronald, S.Sos

(Lucky-okeybozz)

iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>